Rangkuman Materi Sejarah Perkembangan VGA Pertemuan Tgl 14/09/2016 Maintenance Computer

Rangkuman Materi Sejarah Perkembangan VGA Pertemuan 3 Maintenance Computer

Saat ini teknologi sudah semakin maju dan berkembang, para developer-developer GPU (Graphics Processing unit) mulai meningkat kemampuan mereka dalam menghasilkan sebuah vga card yang bagus.Yang mulanya para developer menciptakan VGA yang memiliki spesifikasi yang masih terbatas hingga saat ini mengeluarkan VGA yang memiliki spesifikasi yang begitu menunjang komsumen dalam segi desain grafis,pencinta game,animasi maupun segala hal yang menyangkut dalam tampilan dan garfish. Berikut ini adalah beberapa VGA card dari yang pertama hingga yang sekarang ini :
1.S3 ViRGE
kepanjangan dari "ViRGE adalah Virtual Reality graphics Engine", vga ini merupakan generasi pertama yang telah menggunakan teknologi 3D grafik S3 ViRGE memiliki spec. 64-bit  menawarkan 4MB memory onboard,core dan memory  clockspeeds up to 66 MHz,dan juga telah mendukung fitur-fitur seperti Bilinear dan Trilenear texture filtering,MIP mapping,Alpha blending,Z-buffering,dan 3D tekstur lainnya.



2. ATI RAGE 3D & RAGE II
ATI RAGE II memiliki spec. 32-bit memory bus,dan memory nya hanya 2MB.Karena kelemahan yang ada pada ATI RAGE 3D maka dibuatlah lagu seri ke-2nya yang diberi nama RAGE II yang memiliki spec 8MB SDRAM,64-bit memory bus, memory clockspeeds up 60MHz,serta mendukung kemampuan untuk memutar DVD playback.




3. NVIDIA NV3
VGAini adalah buatan pertama dari Nvidia, vga ini juga dibuat dengan desain teknologi microsoft's DirectX 5API. NVIDIA NV3 memiliki spec.4MB memory,100MHz core clockspeeds,bandwith 1.6GB/s, 206 MHz RAMDAC dan mendukung AGP 2x.



4. NVIDIA NV4
VGA ini merupakan pnerus dari NVIDIANV3, namun NVIDIA NV4 tidk ada penambahan yang sighnifikan dalam spec. seperti memory maksimum ditambah menjadi 16MB dan mempunyai clockspeeds pada 110MHz, tetapi Nvidia menambahkan beberapa kemampuan pada NVIDIA NV4 seperti teknologi "second pixel pipeline", 32-bit true colors,dan fitur Trilinear filtering.



5.NVIDIA GEFORCE 256
VGA Nvidia ini memiliki kecepatan performa 2kali lebih cepat daripada seri-seri sebelumnya, vga ini memiliki spec. DirectX7, 4-pixel rendering pipeline dan sebuah fitur bernama "cube environment mapping" yaitu yang gunanya untuk menciptakan efek real time reflection.



6.NVIDIA GEFORCE SERIES2
Ini merupakan vga Nvidia petama yang menghadirkan fitur baru, yaitu pixel shader dengan sebutan "nvidia Shading Rasterizer (NZR)".



7. ATI RADEON R520
VGA ini menghadirkan spec. memory yang lebih efisien, kualitas image yang lebih baik dan performa yang optimal.selain itu vga ini memiliki fitur seperti kemampuan High Dynamic range(HDR) lighting.


8.NVIDIA GEFORCE9 SERIES
VGA ini merupakan keluaran dari Nvidia yang paling populer dikalangan masyarakat, karena termasuk vga "High End" dan yang paling terkenal yaitu NVIDIA GEFORCE 9800 GTX yang memiliki 128 stream processor, dan 256-bit memory bus.


9. NVIDIA GEFORGE 200 SERIES 
VGA ini memiliki chipset keluaran terbaru dari Nvidia berhasil memasukkan 1.4 billion transistor ke dalam GPU. VGA ini juga merupakan seri Nvidia yang paling terkencang dan kemampuan yang powerful.

demikianlah sejarah perkembangan VGA dai mulai dari kapasitas yang biasa sampai yang luar biasa ,mulai dari kualitas biasa hingga luar biasa . 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkuman Materi Sejarah Perkembangan VGA Pertemuan Tgl 14/09/2016 Maintenance Computer"

Post a Comment

Silahkan Komentar Yang Baik..